Sebagai bank papan atas di Indonesia, Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa mendukung program Bank Indonesia. Salah satunya program transaksi lesscash untuk belanja maupun pembayaran lainnya. Untuk itu, BCA bekerja sama dengan PT Priamanaya selaku pengelola Pusat Grosir Blok A Tanah Abang menggelar program ‘Belanja Berhadiah Bersama BCA’ yang berlangsung mulai 15 Oktober-31 Desember 2014.

Priamanaya - BCA

“Tujuan program ini untuk membudayakan lesscash society bagi masyarakat, khususnya konsumen dan tenant Blok A Tanah Abang. Sebab, kadang-kadang meski konsumen sudah membawa kartu debit atau kartu kredit tapi masih suka membayar dengan uang tunai. Jadi dengan transaksi non tunai ini diharapkan mendukung program BI terciptanya lesscash society,” ujar Liza L. Widyasari, Senior Manager Produk Dana dan Jasa Bank BCA.

Bagaimana mekanisme transaksinya? Dengan program ‘Belanja Berhadiah Bersama BCA’ yang baru pertama kali digelar di Blok A Tanah Abang ini, konsumen yang berbelanja minimal Rp1 juta dan kelipatannya, baik yang menggunakan Kartu Debit maupun Kartu Kredit BCA, melalui mesin EDC (Electronic Data Capture) BCA, akan mendapat kupon undian yang diundi pada akhir periode.

Kupon undian pada akhir periode program yakni Januari 2015 dan diumumkan pada media cetak. Pemenang juga akan dihubungi oleh Blok A Tanah Abang.

Selain pembeli, program ini juga berlaku bagi tenant atau pedagang blok A Tanah Abang (kecuali F & B dan supermarket). Caranya, pedagang yang telah menjadi merchant BCA selama periode program akan diberikan poin dengan perhitungan seperti saldo rata-rata Rp 100 juta berhak mendapat 1 poin dan setiap peningkatan saldo rata-rata Rp 100 juta yakni 1 poin. Bagi merchant yang meraih total poin tertinggi akan mendapatkan hadiah langsung.

Hadiah yang ditawarkan cukup menggiurkan. Untuk konsumen, hadiahnya adalah 1 unit mobil Toyota Rush, 4 paket liburan 7 hari ke Jepang, 5 unit motor matic, 5 unit notebook, 5 unit iPad, 10 unit LED TV 42 Inch, dan 40 handphone bagi pengunjung. Sementara, hadiah langsung pagi pedagang adalah 1 unit mobil box GranMax, 4 paket liburan 7 hari ke Jepang, 5 unit motor matic, 5 unit notebook, dan 15 iPad.

Berapa target dari nilai transaksi belanja selama program berlangsung? ‘Kami tidak targetkan nominalnya.Yang penting bisa dukung program lesscash. Transaksi elektronik non-tunai masih belum menjadi budaya masyarakat kita, dan awareness-nya masih rendah. Jadi targetnya bukan keuntungan, tetapi kalau ada untungnya, Alhamdulillah,” Liza berkilah. Apalagi, mesin EDC BCA tidak hanya menerima kartu BCA saja, tapi juga kartu terbitan 39 bank lain yang tergabung dalam Jaringan Prima.

Indiarto dari Priamanaya, pengelola Tanah Abang Blok A, menambahkan, saat ini Tanah Abang Blok A memiliki sekitar 8.000 tenant. Dalam satu hari, transaksi berkisar Rp60 miliar – 100 miliar. Namun, transaksi non tunai masih belum banyak. “Lewat program ini kami berharap transaksi elektronik bisa ditingkatkan, karena lebih aman dan praktis bagi konsumen,” ujar Indiarto. Sebanyak 60% transaksi di Blok A, katanya, menggunakan pembayaran non tunai.

Pada peluncuran program belanja berhadiah tersebut, pusat grosir Blok A Tanah Abang menampilkan berbagai macam hiburan bagi pengunjung. Diantaranya ada fashion show, modern dance, magician show, dan menghadirkan penyanyi Ayu Ting-Ting. (EVA)

Sumber: SWA.CO.ID

 

Register at Bookmaker William Hill